Kosmetik Palsu, Mengubah Kebahagiaan Menjadi Penyesalan

Kulit sehat dan tampak cantik adalah tujuan kita melakukan perawatan dan menggunakan kosmetik. Besarnya minat kita akan kosmetik menjadikan peluang bagi sebagian pihak untuk memalsukan suatu produk dan tidak peduli akan kesehatan kita. Sepanjang tahun 2016 saja, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan lebih dari 200 toko daring terindentifikasi menjual obat dan kosmetik ilegal. Kosmetik dan produk perawatan kulit seperti sabun yang palsu mempunyai kandungan bahan kimia yang keamanannya tidak bisa dijamin, bahkan sangat berbahaya bagi kesehatan tidak saja kulit, tapi keseluruhan tubuh kita.

Dampak akibat penggunaan kosmetik palsu bisa terlihat secara langsung, dari yang ringan seperti kulit yang mengelupas dan kemerahan, jerawat, kulit kusam, infeksi kulit, hingga gagal ginjal, kerusakan jantung dan kanker.

Apa yang harus kita ketahui agar terhindar dari menggunakan kosmetik palsu?

1. Waspada Harga Murah

Produk palsu sering dijual dengan harga miring jauh dari harga pasar. Sabun pembersih wajah RDL Papaya Brightening Soap plus Sunscreen hanya menggunakan bahan-bahan terbaik hasil research and development RDL Pharmaceutical Laboratory Inc, Filipina, sehingga memiliki standar harga tertentu. Cari tahu harga produk dengan mengunjungi agen resmi atau website terpercaya.

2. Cermati Kemasan Produk

Jadilah konsumen yang proaktif. Pilih produk yang terkemas sempurna, hindari membeli produk yang kemasannya rusak. Informasi mengenai kandungan produk juga harus terbaca jelas. Tanyakan kepada penjual apabila ada informasi yang kurang jelas. Kemasan RDL Papaya Brightening Soap plus Sunscreen dikemas apik dengan mencantumkan bahan-bahan alaminya, seperti Carica Papaya Extract, Glycerin, Coconut Acid dan Vitamin A.

3. Label

Pastikan label tercantum jelas dan lengkap. Produsen kosmetik wajib mencantumkan label yang benar, meliputi nama kosmetik, kegunaan, cara penggunaan, komposisi, nama dan negara produsen, nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi, ukuran, isi atau berat bersih, tanggal kedaluwarsa, peringatan lain yang disyaratkan, dan informasi lain yang perlu konsumen ketahui.

4. Aroma Khas

Kosmetik berbahan dasar alam biasanya memiliki aroma yang khas. RDL Papaya Brightening Soap plus Sunscreen memiliki aroma dan tekstur otentik karena berbahan dasar buah pepaya. Namun aroma ini bisa tersamarkan jika sabun menggunakan campuran lain.

5. Kulit Terasa Lembab Saat Pemakaian

Senyawa Glycerin pada RDL Papaya Brightening plus Sunscreen menjaga kelembaban kulit dan memberikan sensasi sejuk saat pemakaian. Glycerin merupakan pelembab kulit alami yang membuat kulit tetap lentur.

Produk ilegal dipastikan tidak melalui evaluasi manfaat, keamanan dan mutu. Motifnya pun beragam, mulai dengan merubah tanggal produksi, pengemasan ulang layaknya produk impor, hingga penambahan bahan berbahaya. Apabila pemakaian tidak dihentikan, kesehatan kulit menjadi taruhan. Semua produk yang beredar di Indonesia wajib memenuhi persyaratan yang ditetapkan BPOM.

Mulai sekarang berhati-hatilah ketika membeli produk kecantikan. Jangan sampai menyesal kemudian.

 

By | 2017-11-01T08:04:26+00:00 August 10th, 2017|Tips|0 Comments

Leave A Comment

%d bloggers like this: