Mengenal Zona-T dan Zona-C Pada Wajah

Segala permasalahan kulit seperti alergi dan jerawat dapat dicegah dengan memilih produk sesuai jenis kulit Anda. Ahli perawatan kulit dari India, Dr. Rashmi Shetty memiliki cara mudah mengetahui jenis kulit wajah dengan mengenali struktur wajah.

Sumber foto: acneeinstein.com

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci wajah sampai bersih sebelum tidur di malam hari. Jangan memakai produk perawatan kulit wajah apapun ketika terlelap. Selanjutnya, bangunlah pagi hari dan sentuh kulit wajah Anda. Cermati daerah tengah wajah (zona-T) seperti dahi, hidung, sekitar hidung, dan dagu.

Sumber foto: lesliebaumannmd.com

Amati pula daerah wajah bagian luar atau sekitar pipi (zona-C). Jika zona-T dan zona-C terasa sangat berminyak maka kulit wajah Anda termasuk jenis kulit berminyak. Jika Anda merasakan kering pada semua bagian wajah maka dapat dipastikan kulit wajah Anda termasuk jenis kulit kering. Tetapi jika zona-T pada wajah Anda berminyak sedangkan zona-C kering maka jenis kulit wajah Anda masih bisa dikategorikan sebagai jenis kulit normal.

Mudah bukan?

Cara lain untuk mendiagnosis kulit wajah yaitu dengan mengamati wajah di cermin. Indikasi jenis kulit berminyak adalah pori yang lebar serta terlihat tidak segar dan agak gelap. Jenis kulit kering mengarah pada kulit yang berwarna agak merah dan sedikit terkelupas di beberapa bagian. Jenis kulit kering yang mudah sekali terkena iritasi dikenal pula sebagai kulit sensitif.

Dr. Rashmi mengingatkan bahwa jenis kulit tidaklah statis, melainkan terus mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya kondisi kesehatan, umur, cuaca, suhu, polusi, dan masih banyak faktor lainnya. Penting untuk menyadari perubahan jenis kulit wajah, kapan mengalami perubahan, dan bagaimana Anda mengubah perawatan yang Anda lakukan sesuai perubahan yang terjadi pada kulit wajah Anda.

 

 

 

 

By | 2017-11-01T07:44:32+00:00 October 16th, 2017|Info|0 Comments

Leave A Comment

%d bloggers like this: